Selasa, 26 Februari 2013

10 Jembatan Tertinggi di Dunia

Suramadu
    Indonesia

      Jembatan Suramadu ini sebenarnya tidak masuk pada jajaran 10 jembatan tertinggi maupun terpanjang,namun karna jembatan ini kebanggaan Indonesia,biarlah khabuka masukan ke daftar top ten.
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan tinggi 146,panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Dan Berikut ini adalah 10 jembatan tertinggi di Dunia: 

1. The Verrazano, Narrows Bridge
       New york 

Nama jembatan Verrazano diambil dari nama seorang penjelajah asal Italia Giovanni da Verrazano. Jembatan ini memiliki ketinggian 211,3 meter dengan rentang panjang 1298 meter. Jembatan Verrazano dibangun tahun 1964 hingga 1981 dan merupakan jembatan gantung terbesar di dunia.Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan kepulautan Staten di New York, Amerika Serikat dan telah memainkan peranan penting dalam pertumbuhan daerah-daerah di New York. Pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya 320 juta dolar AS.


2. Runyang Bridge
     china
Jembatan Runyang merupakan kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan ini merupakan bagian dari Expressway Beijing-Shanghai. Ini merupakan jembatan suspensi dengan rentang utama 1.490 meter dan tinggi 215 meter. Lebar jembatan adalah 39,2 meter, menampung 6 jalur lalu lintas dan jalur kecil di setiap tepi luar untuk pemeliharaan.
Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer. Pembangunan jembatan ini dimulai pada Oktober 2000 dengan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta) dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 30 April, 2005.
3.Pont de Normandie
   jepang
Pont de Normandie adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di Sungai Siene ke Normandia. Panjang totalnya adalah 2,143.21 meter dengan tinggi 215 meter membuat jembatan ini tertinggi di dunia no. 8.Jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 20 Januari 1995 dan dianggap sebagai kabel jembatan terpanjang di dunia serta memiliki rekor untuk jarak terpanjang antara tiang untuk tipe jembatan cabled-stayed. Dengan ukuran 250 meteran lebih antar dermaga maka hal ini telah memecahkan rekor sebelumnya. Rekor panjang untuk jembatan tipe cabled-stayedsebelumnya ada pada tahun 2004 dengan 2883 meter di Rio Antirrio. Pada akhir konstruksi, jembatan ini telah memakan biaya $ 465.000.000.

4.Tatara bridge
    jepang
Jembatan Tatara menghubungkan pulau-pulau Jepang di Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari setiap jembatan kabel tetap di dunia. Jembatan ini memiliki menara baja dengan panjang 220 meter yang memiliki rentang 890 meter.Jembatan dibuka pada tahun 1999 dan merupakan bagian dari Expressway Mishieto yang terkenal. Pembuatan jembatan ini hanya butuh waktu enam tahun untuk membangun dan dibuat dengan struktural canggih yang cukup untuk menahan gempa besar. Jembatan ini adalah salah satu rekayasa kehebatan negara Jepang.

5. Golden Gate Bridge

    Amerika Serikat
Dengan tinggi 227,4 meter jembatan Golden Gate adalah merupakan sebuah jembatan gantung. Membentang mulai dari dermaga San Fransisco ke Samudera Pasifik. Jembatan ini dianggap jembatan suspensi terpanjang di dunia ketika selesai dibangun tahun 1937, dan menjadi salah satu simbol yang paling diakui secara internasional yang terletak di San Francisco dan California.Jembatan ini telah dinyatakan sebagai salah satu keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Pembangunan ini mulai dibangun pada tanggal 5 Januari 1933 dan selesai pada April 1937 dengan biaya lebih dari $ 35 juta.

6. Link Great Belt

    Denmark
Jembatan The Great Belt Fixed Link adalah yang tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dan kepulauan Funen di Denmark serta membentang di daerah Great Belt. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jembatan gantung untuk jalan, terowongan untuk kereta api dan merupakan jembatan tipe girder box. Istilah The Great Belt atau ”Jembatan Sabuk Besar” berhubungan dengan jembatan gantung (tetapi juga dapat merujuk pada seluruh jalur) dan dianggap memiliki rentang terpanjang kedua di dunia tanpa pemancang sejauh 1,6 km.Seperti dalam kasus jembatan lain dari jembatan utama, konstruksi telah membuka jalan untuk bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut. Hal iniyang menyebabkan besarnya biaya konstruksi jembatan dan telah menghabiskan biaya 21,4 miliar Denmark dan ini merupakan yang termahal
dalam sejarah Denmark
 7. Stonecutters Bridge
      Hongkong
Jembatan Stonecutters adalah jembatan gantung tingkat tinggi yang berada di terusan Rambler di Hong Kong, menghubungkan kepulauan Nam Wan Kok dan Pulau Stonecutters. Jembatan ini memiliki ketinggian 298 meter sehingga jembatan ini adalah yang tertinggi ke-4 di dunia. Pembangunan jembatan dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh perusahaan patungan Hitachi Chong dengan biaya 2,76 milyar Hongkong dan dibuka untuk lalu lintas pada 20 Desember 2009.Jembatan ini merupakan bagian dari Hong Kong Route 8 yang menghubungkan banyak tempat di Hong Kong. Tantangan besar dan kesulitan-kesulitan ekstrim dalam membangun jembatan ini menjadi bagian dari sejarah pembangunan jembatan kebanggaan masyarakat Hong Kong ini.

8. Akashi-Kaikyo Bridge
      jepang
Jembatan Akashi Kaikyo juga dikenal sebagai Jembatan Mutiara, memiliki rentang pusat terpanjang dari jembatan suspensi yang pernah ada yaitu 1.991 meter dan tingginya adalah 298,3 meter.Jembatan ini terletak di Jepang dan selesai dibangun pada tahun 1998. Jembatan yang menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu ke kota Iwaya di Pulau Awaji dengan menyeberangi Selat Akashi yang super sibuk. Jembatan ini merupakan bagian dari Highway Shkoku Honshu.

2. Sutong Yantze River Bridge

       China
Sutong Yantze River Bridge China
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang di Sungai Yangtze di China antara kota Nantong dan Changshu sebuah kota di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter merupakan jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia sejak tahun 2010. Dua bentang samping yang mencapai 300 meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil diantaranya.Ada dua buah menara jembatan setinggi 306 meter dan ini menjadikannya sebagai yang tertinggi kedua di dunia. Panjang total jembatan 8.206 meter. Pembangunannya dimulai pada bulan Juni 2003 dan jembatan sukses dihubungkan pada bulan Juni 2007. Jembatan ini diuji coba untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 2008. Biaya konstruksi diperkirakan sekitar US $ 1,7 miliar.

10. Millau Viaduct Bridge

       Francis
Millau Viaduct Bridge France
Jembatan Millau, adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di lembah Sungai Tam dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 343,0 meter. Yang sangat mengesankan adalah bahwa jembatan ini sedikit lebih pendek dari gedung Empire State di Amerika Serikat dan lebih tinggi maka menara Eiffel.Biaya Konstruksi adalah sekitar 400 juta Euro dan secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan telah menerima Penghargaan dari IABSE berupa “Outstanding Structure Award“ pada tahun 2006.
Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jembatan di dunia yang tinggi dan panjang. Belum lama ini ada sebuah rencana pemerintah Indonesia akan membangun sebuah jembatan yang akan melintasi Selat Sunda yaitu antara pulau Jawa dan Sumatera dan menghubungkan dua provisin yaitu Banten dan Lampung. Jika jembatan ini jadi direalisasikan bisa jadi ini akan masuk dalam sebuah keajaiban dunia di Indonesia dengan bentang terpanjang dan juga tertinggi di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar